Selasa, 11 Agustus 2009

Kendaraan BioFlex

Group PSA Peugeot Citroen sekarang ini memasarkan kendaraan yang dapat memakai bahan bakar superethanol E85. Penggunaan superethanol E85 menuntut perubahan mekanis, kendaraan ini disebut dengan BioFlex.



Mekanis khusus

Mengingatkan kembali :
Kendaraan BioFlex dapat bekerja dengan pilihan bahan bakar :
- Superethanol E85
- 100% unleaded petrol
- Campuran keduanya

Superethanol E85 terdiri dari 85% bioethanol & 15% bensin unleaded RON 95. Bahan bakar ini dipasarkan di eropa mulai 1 Januari 2007.

Untuk eropa sejak pertengahan 2007 PSA Group telah memasarkan 307 SW / estate dan Citroen C4 yang sesuai dengan superethanol E85. PSA memberi nama komersialnya dengan BioFlex. Kendaraan ini dilengkapi dengan mesin TU5JP4.


Mengapa dirubah

Dibanding dengan bensin, bioethanol :
- Lebih corrosive dan memiliki daya lumas yang rendah sehingga dibutuhkan perbaikan pada beberapa komponen yang berhubungan dengan biofuel.
- Memiliki energi output yang rendah, kebutuhan untuk tekanan injection dan konsumsi bertambah sekitar 30%.


Data mesin

Data mesin tergantung dari type bahan bakar yang digunakan, karakter power/ torque mesin TU5JP dengan bioflex mungkin memiliki perbedaan sedikit.
- Engine type NFU
- Number of cylinder 4
- Cubic capacity 1587 cc
- Bore x Stroke 78.5 x 82 cm
- Compression ratio 11.1
- Injection system Bosch ME7.4.9
- Max power output (EEC) 80 kW (109 bhp) at 5800 82 (111) at 5600
- Max torque (EEC) 147 Nm at 4000 153 Nm at 4000


Perubahan sistim bahan bakar

Untuk menyesuaikan kendaraan dengan superethanol, komponen sistim bahan bakar telah dilakukan perubahan
- Modul pompa bahan bakar / sender.
Bioethanol sangat corrosive dari bensin, pompa harus dilakukan perbaikan kekuatan. Memiliki stainer dan terdapat filter. Pressure valve di set pada 4.2 bar sebagai pengganti dari 3.5 bar.
- Saringan bahan bakar
Terletak diluar dari sender/pump unit agar dapat dilakukan penggantian secara periodik. Saringan ini sangat khusus untuk kendaraan bioflex, memiliki hambatan yang tinggi terhadap bioethanol.
- Injection rail
Dilakukan penguatan komponen karena tekanan disaluran lebih besar untuk bioethanol.
- Sistim bahan bakar/injektor
Efisiensi energi bioethanol lebih rendah dibanding bensin, untuk memberikan tekanan pada injektor. Oleh karena itu bentuk injektor jet dimodifikasi untuk dapat melakukan atomisasi. Body injektor berwarna abu2.


Perubahan sistim pengapian

Pada sistim ini modifikasi komponen diantaranya :
- Busi
Temperatur pembakaran bioethanol sangat tinggi, oleh karena itu dibutuhkan busi dingin.
- Ignition advance
Bioethanol memiliki rate pembakaran yang lambat, oleh karena itu ignition advance dimajukan. Modifikasi ini diatur oleh ECU mesin.


Perubahan pada power train

Karena batasan pada design mekanis, maka terdapat perbedaan pada cylinder head dan beberapa komponen valve dan seat valve. Komponen ini dilakukan penguatan terhadap korosi, mesin TU5JP4 BioFlex dibedakan dengan versi bensin dengan kode ”F” atau FLEX pada cylinder head.

Manual gearbox BE4 diganti dengan MA5 (untuk maksimum sekitar 150 Nm).


Perubahan pada system injection

Injection/ignitin system menggunakan Bosch ME7.4.9. Untuk memastikan dan mengadaptasi adanya bioethanol di tangki :
- 0% hanya bensin unleaded
- 85% hanya superethanol E85 saja
- Dari 0 s/d 85% campuran bensin unleaded dengan bioethanol


Perubahan exhaust

Untuk mencegah kerusakan karena bahan bakar bioethanol, pada exhaust tengah dibuat dari stell / Stainless steel.


Perawatan kendaraan

Perawatan kendaraan bioflex jika dibanding dengan kendaraan yang menggunakan bahan bakar unleaded sbb :

Bahan bakar Unleaded BioFlex
-Perawatan dilakukan setiap 30.000 km / 2 Thn, 20.000 km / 1 Thn
-Saringan bahan bakar Maintenance free 40.000 km
-Busi 60.000 km 40.000 km
-Saringan udara 60.000 km 40.000 km
-Timing belt 150.000 km / 10 thn 120.000 km / 10 thn


Beberapa informasi yang perlu disampaikan :
Trip Computer
Setelah mengisi bahan bakar yang berbeda dari sebelumnya, maka akan ada perubahan besar yang akan ditemukan (karena perbedaan efisiensi energi bioethanol).

Winter
Mesin mungkin akan sulit hidup disaat dingin. Saat musim dingin kami menyarankan menggunakan bensin untuk mendapatkan kondisi yang optimum, khususnya di beberapa negara untuk memperbaiki kondisi saat dingin, terdapat electric heated element pada cooling system.